Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

Breaking News

Senin, 12 September 2016

Fakta Peninggalan Pada Masa Kerajaan Majapahit

Banyak sekali fakta dari Kerajaan Majapahit yang tak dijelaskan di buku sekolah. Itulah mengapa banyak bagian dari sejarah mulai dilupakan, atau lebih tepatnya hilang dengan sendirinya. Inilah beberapa hal yang harusnya tak dilupakan dari Kerajaan Majapahit yang termasyhur di masa lalu.
1. Berdirinya Kerajaan Terbesar di Wilayah Asia Tenggara
Kerajaan Majapahit pertama kali berdiri pada 1293, atau akhir abad ke-13. Orang hebat yang mendirikan kerajaan ini bernama Raden Wijaya. Ia dikukuhkan menjadi seorang Raja dan mendapatkan sebuah gelar Sri Kertajasa Jayawardhana. Raden Wijaya memerintah Majapahit selama 16 tahun hingga akhirnya digantikan oleh Kalagamet atau lebih sering dikenal dengan Sri Jayanegara.
Surya Majapahit [image source]
Surya Majapahit 
Sejak diperintah oleh Raden Wijaya, Majapahit menjadi sebuah kerajaan yang sangat besar. Bahkan termasuk terbesar di Asia bersama dengan kekaisaran China. Saat berdiri, kerajaan ini memiliki negara berupa Surya atau matahari, dan bendera berwarna Merah Putih. Bendera Indonesia berasal dari warna bendera Majapahit yang hebat di masa lalu. Semoga kelak Indonesia juga bisa hebat seperti Majapahit.
2. Wilayah Kekuasaan Majapahit yang luas
Seperti yang telah disebutkan di atas, Majapahit adalah sebuah kerajaan yang sangat besar. Wilayah kekuasaannya tak hanya di Pulau Jawa. Namun tersebar di seluruh pelosok nusantara dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, wilayah seperti Kerajaan Malaka yang saat ini Malaysia, dan Kesultanan Champa yang saat ini wilayah Vietnam juga merupakan wilayah Majapahit.
Wilayah Kerajaan Majapahit [image source]
Wilayah Kerajaan Majapahit
Sederhananya, hampir semua wilayah di Asia Tenggara merupakan kekuasaan Majapahit. Kekaisaran China saja sampai hormat dengan Majapahit. Mereka menganggap kerajaan hebat di Indonesia sebagai kerabat yang suatu saat bisa diajak kerja sama. Sungguh ironis dengan keadaan sekarang kan? Indonesia justru tunduk dengan China padahal di masa lalu orang kita begitu hebat di mata mereka.
3. Masa Keemasan Majapahit
Kita bisa mengatakan jika Majapahit adalah wajah Indonesia di masa lalu. Banyak kesamaan antara Indonesia dan Majapahit meski dalam beberapa hal perbedaannya cukup jauh. Kerajaan ini memasuki masa kejayaan di era pemerintahan penguasa ketiga bernama Tribuana Tunggaldewi. Ia adalah anak perempuan antara Raden Wijaya dan Gayatri. Selama memerintah dari tahun 1328-1352, Majapahit mulai memperkuat pertahanan dan juga perdagangannya.
Ilustrasi Hayam Wuruk blusukan keliling negeri [image source]
Ilustrasi Hayam Wuruk blusukan keliling negeri
Di akhir jabatannya, Sang Ratu mengangkat seseorang menjadi Patih, ia bernama Gajah Mada. Setelah Tribuana Tunggaldewi turun tahta ia digantikan oleh Hayam Wuruk. Pada masa ke-4 ini, Majapahit menjadi kerajaan yang benar-benar makmur. Seluruh rakyat yang berada di bawah kekuasaan Majapahit hidup dengan dalami dan enak. Berbeda jauh dengan rakyat yang hidup di era sekarang. Yang kaya makin kaya dan yang miskin semakin tersisih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blackops